gambar 9

Geliga landak adalah batu langka yang ditemukan didalam perut seekor landak “tidak semua landak menghasilkan batu”. Mamalia tersebut hidup dihutan dan mereka memliki lapisan duri tajam yang membela mereka dari predator. Landak memiliki vitalitas yang kuat, ketika terluka atau sakit, landak akan mencari herbal untuk menyembuhkan dirinya sendiri, saat penyembuhan berlangsung, batu bisa terbentuk diperutnya. Batu landak memiliki beberapa jenis, diantaranya :

1. Geliga Berumput

Yang paling aromatic dan pahit dari semua. Serat rumput bisa terlihat jelas pada permukaan. Terlihat lebih kasar dari jenis lainnya. Warnanya coklat kehijauan.

2. Geliga Tepung

Ketika kurma Grassy telah berada di perut landak untuk beberapa waktu. Ini akhirnya akan menjadi Kurma Tepung. Bukan sebagai aromatik dan pahit seperti kurma Grassy. Batu ini juga berlapis dan setiap lapisan tipis seperti kertas dan mudah diurai. Sebagian besar warnanya adalah coklat kemerahan, pink, dan cokelat. Permukaannya Halus, ia juga berlapis dan memiliki lapisan tipis garis2 disekitarnya. Memiliki aroma herbal yang kaya.

3. Geliga Grassy-Powderly

Sebuah produk-campuran antara Grassy dan Powderly, Rumput serat kurang terlihat tapi masih sangat aromatik dan pahit. Parameter permukaan kasar dari beberapa Graft gulma, keras dengan sentuhan lembut, Kugan rasa. Kemanjuran obat dekat dengan Powder, namun harganya lebih murah dari kurma Tepung.

4. Geliga Hitam

Lebih keras dan lebih gelap, jenis kurma jauh pahit tapi kurang aromatik. Sangat mirip dengan Powderly, tapi lebih gelap.

5. Geliga Kernal

Sebuah kurma yg ditutupi oleh cangkang buah mengeras. Cukup pahit dan aromatik. Bisa sangat mirip dengan Kurma Hitam.

6. Geliga Darah

Jenis ini  ilusif sekarang hampir tidak ada karena eksploitasi lebih dari habitat alami landak di sekitar hutan vulcanic. Bentuknya sangat padat, merah berdarah di bagian dalam namun putih di luar. Sangat pahit dan aromatik.

Tidak semua landak menghasilkan Geliga dalam tubuhnya, seekor landak hanya dapat membentuk satu Batu landak, sehingga akan sangat jarang orang mendapatkannya. Karena setiap varus landak, internal struktur, kekebalan, struktur gen dan habitat, struktur tubuh mereka juga bervariasi. Ada yang berbeda di luar, tubuh nada tubuh, kualitas ukuran, dan warna.

Batu landak yang tinggal lebih lama di tubuh landak akan memiliki besar ukuran, sifat obat, dan kualitas yg lebih baik. Masing-masing Geliga itu memiliki tekstur, warna sendiri, bentuk, ukuran, nilai Medis dan kualitas yg berbeda. Inilah sebabnya mengapa Batu landak begitu berharga.

Endapan protein dan enzim dalam Geliga Landak yg berfungsi sebagai biokatalisator, penetralisir dan antibodi yg membentuk kekebalan organ tubuh. Enzim yg dimaksud bekerja sebagai ‘shelter’ dan sebagai penyaring semua unsur yg masuk dalam pencernaan, pernafasan dan penyerapan yg mendukung metabolisme tubuh.

Dalam tradisi, geliga landak telah digunakan sebagai obat oleh suku-suku bukit di Cina selatan dan Asia Tenggara. Golden Cina medis telah mencatat menggunakan Geliga landak sebagai antiradang, antioksidan, antibodi alami, booster imunisasi, dan detoksifikasi – tubuh.
Dalam masyarakat Cina Malaysia, banyak digunakan sebagai obat alternatif di pengobatan kanker, demam berdarah, meningitis, herpes, infeksi tenggorokan, pneumonia dan lain-lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *